5 Generasi dalam sejarah komputer

5 Generasi dalam sejarah komputer



Computer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata computer awal mulanya dipakai untuk melukiskan orang yang pekerjaannya lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa ada alat bantu, namun makna kata ini lalu dipindahkan pada mesin tersebut. Asal awalnya, pemrosesan info hampir eksklusif terkait dengan permasalahan aritmatika, namun computer modern digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika.

Dengan cara luas, Computer bisa didefinisikan juga sebagai satu peralatan elektronik yang terbagi dalam sebagian komponen, yang bisa bekerja bersama pada komponen satu dengan yang lain untuk membuahkan satu info berdasar pada program serta data yang ada. Adapun komponen computer yaitu mencakup : Monitor Monitor, CPU, Keyboard, Mouse serta Printer. Tanpa ada printer computer terus bisa lakukan tugasnya juga sebagai pengolah data, tetapi hanya tampak di monitor monitor belum berbentuk print out.

Dalam pengertian seperti itu ada alat seperti slide rule, type kalkulator mekanik dari mulai abakus dan sebagainya, hingga seluruhnya computer elektronik yang kontemporer. Arti tambah baik yang pas untuk makna luas seperti “komputer” yaitu “yang mengolah info” atau “sistem pengolah info. ”

Sekarang ini, computer telah makin mutakhir. Namun, pada awal mulanya computer tak sekecil, secanggih, sekeren serta seringan saat ini. Dalam histori computer, ada 5 generasi dalam histori computer.

1. Generasi Pertama (1944-1959)
Tabung hampa hawa juga sebagai penguat tanda, adalah ciri khas computer generasi pertama. Awal mulanya, tabung hampa hawa (vacum-tube) dipakai juga sebagai komponen penguat tanda. Bahan bakunya terbagi dalam kaca, hingga banyak mempunyai kekurangan, seperti : gampang pecah, serta gampang menyalurkan panas. Panas ini butuh dinetralisir oleh komponen lain yang berperan juga sebagai pendingin.

Serta karenanya ada komponen penambahan, pada akhirnya computer yang ada jadi besar, berat serta mahal. Pada th. 1946, computer elektronik didunia yang pertama yaitu ENIAC usai di buat. Pada computer itu ada 18. 800 tabung hampa hawa serta berbobot 30 ton. demikian besar ukurannya, hingga membutuhkan satu ruang kelas sendiri.

Pada gambar terlihat computer ENIAC, yang disebut computer elektronik pertama didunia yang memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 M serta tinggi 2. 4 M serta memerlukan daya listrik 174 kilowatts.

2. Generasi Ke-2 (1960-1964)
Transistor adalah ciri khas computer generasi ke-2. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yakni : “basic”, “collector” serta “emmiter”. Transistor adalah singkatan dari Transfer Resistor, yang bermakna dengan memengaruhi ketahanan pada dua dari 3 susunan, jadi daya (resistor) yang ada pada susunan selanjutnya dapatlah di pengaruhi. Dengan hal tersebut, manfaat transistor yaitu juga sebagai penguat tanda. Juga sebagai komponen padat, tansistor memiliki banyak kelebihan seperti umpamanya : tak gampang pecah, tak menyalurkan panas. Serta dengan hal tersebut, computer yang ada jadi lebih kecil serta lebih murah.

Pada th. 1960-an, IBM mengenalkan computer komersial yang memakai transistor serta dipakai dengan cara luas mulai beredar di market. Computer IBM-7090 buatan Amerika Serikat adalah salah satu computer komersial yang memakai transistor. Computer ini didesain untuk merampungkan semua jenis pekerjaan baik yang berbentuk ilmiah maupun komersial. Lantaran kecepatan serta kekuatan yang dipunyainya, mengakibatkan IBM 7090 jadi sangatlah popular. Computer generasi ke-2 yang lain yaitu : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV serta Honeywell Model 800.

3. Generasi Ketiga (1964-1975)
Rencana makin kecil serta makin murah dari transistor, pada akhirnya meningkatkan orang untuk selalu lakukan beragam riset. Beberapa ribu transistor pada akhirnya sukses dikombinasi dalam satu bentuk yang sangatlah kecil. Secuil silicium yag memiliki ukuran sebagian milimeter sukses di ciptakan, serta inilah yang dikatakan sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang disebut ciri khas computer generasi ketiga. Cincin magnetic itu bisa di-magnetisasi dengan cara 1 arah maupun berlawanan, serta pada akhirnya men-sinyalkan keadaan “ON” maupun “OFF” yang lalu ditranslate jadi rencana 0 serta 1 dalam sistem bilangan biner yang sangatlah diperlukan oleh computer. Pada tiap-tiap bagian memory ada 924 cincin magnetic yang semasing mewakili 1 bit info. Jutaan bit info sekarang ini ada didalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangatlah kecil.

Computer yang dipakai untuk otomatisasi pertama diperkenalkan pada th. 1968 oleh PDC 808, yang mempunyai 4 KB (kilo-Byte) memory serta 8 bit untuk core memory.

4. Generasi Ke empat (1975-Sekarang)
Microprocessor adalah chiri khas computer generasi ke empat yang disebut pemadatan beberapa ribu IC ke suatu Chip. Lantaran bentuk yang makin kecil serta kekuatan yang makin bertambah serta harga yang di tawarkan juga makin murah. Microprocessor adalah awal kelahiran computer personal.

Pada th. 1971, Intel Corp lalu meningkatkan microprocessor pertama serie 4004. Misal generasi ini yaitu Apple I Computer yang di kembangkan oleh Steve Wozniak serta Steve Jobs lewat cara memasukkan microprocessor pada circuit board computer. Selain itu, lalu nampak TRS Model 80 dengan processor type Motorola 68000 serta Zilog Z-80 memakai 64Kb RAM standard. Computer Apple II-e yang memakai processor type 6502R dan Ram sebesar 64 Kb, juga adalah salah satu computer PC sangatlah popular pada saat itu. Operating System yang dipakai yaitu : CP/M 8 Bit. Computer ini sangatlah popular pada awal th. 80-an.

IBM mulai keluarkan Personal Computer pada seputar th. 1981, dengan memakai Operating Sistem MS-DOS 16 Bit. Karena harga yang di tawarkan tak jauh tidak sama dengan computer yang lain, di samping teknologinya tambah lebih baik dan nama besar dari IBM sendiri, jadi kurun waktu yang sangatlah singkat, computer ini jadi sangatlah popular.

5. Generasi Ke lima (Saat ini – Hari esok)
Pada generasi ini ditandai dengan timbulnya : LSI (Large Scale Integration) yang disebut pemadatan beberapa ribu microprocessor ke suatu microprocesor. Diluar itu, juga ditandai dengan timbulnya microprocessor serta semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang bikin micro-processor salah satunya yaitu : Intel Corporation, Motorola, Zilog serta yang lain lagi. Di market dapat kita saksikan ada microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, serta Pentium. Pentium-4 adalah produksi teranyar dari Intel Corporation yang diinginkan bisa menutupi semua kekurangan yang ada pada product pada awal mulanya, selain itu, kekuatan serta kecepatan yang dipunyai Pentium-4 juga jadi tambah jadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang dipertunjukkan jadi lebih halus serta lebih tajam, selain itu kecepatan mengolah, kirim maupun terima gambar juga jadi makin cepat.

Pentium-4 di produksi dengan memakai tehnologi 0. 18 mikron. Dengan bentuk yang makin kecil menyebabkan daya, arus serta tegangan panas yang dikeluarkan juga makin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, bisa dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dipunyai yaitu 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.

wdcfawqafwef